Kamis, 02 April 2009

Jasa Psikologi Indonesia (JASPI)

Lembaga ini semula bernama Biro Konsultasi JASA PSIKOLOGI INDONESIA, didirikan pada tahun 1994 oleh Drs. Achmad Badri Psi, sekaligus sebagai Direktur Biro JPI.

Sebagai tindak lanjut, maka didirikanlah Biro Konsultasi Jasa Psikologi Indonesia. Tahun 1996 Biro JPI kemudian berganti nama menjadi Sarana Psikologi Terapan JASA PSIKOLOGI INDONESIA, yang kini biasa disebut sebagai SPT-JASPI.



Tujuan SPT - JASPI

Memberikan pelayanan Jasa Psikologi kepada masyarakat dan bermaksud untuk menjadi jembatan antara dunia keilmuan dengan masyarakat umum dengan mengembangkan psikologi terapan yang dapat menjawab berbagai kebutuhan di masyarakat.

SPT-JASPI merupakan suatu sarana psikologi terapan yang bergerak di berbagai bidang meliputi : bidang pendidikan, industri dan organisasi, klinis (keluarga/pribadi).

  • pengenalan terhadap potensi atau kecerdasan dan kondisi kepribadian siswa dapat di lakukan treatment (perlakuan) yang tepat untuk keberhasilan belajar siswa. Proses belajar mengajar yang kondusif dengan kondisi siswa akan memberikan hasil yang lebih baik.
  • Dalam setiap jenis pekerjaan biasanya menuntut kemampuan/ketrampilan dan kepribadian tertentu dari tenaga kerja yang dibutuhkan. Makin tinggi tingkat kesulitan dan tanggung jawab suatu jenis pekerjaan diperlukan kemampuan/kecerdasan tinggi dan kepribadian yang sesuai. Untuk itulah maka peran psikolog menjadi sangat penting dalam memberikan rambu-rambu dalam pemilihan personil yang akan menempati job tertentu.
  • Problem kejiwaan pada anak dalam era kehidupan global dirasakan makin pelik. Disamping pengaruh media informasi untuk anak yang makin sulit untuk disaring, juga karena pengaruh kehidupan orang tua yang relatif makin keras. Demikian juga kehidupan remajanya. Untuk melakukan pembinaan terhadap anak dan remaja dengan masalah yang pelik tersebut perlu dikenali kondisi kejiwaannya. Untuk mengetahui hal tersebut dibutuhkan peranan tinjauan psikologis.
Bertolak dari tiga hal tersebut di atas maka perlu didirikan Biro konsultasi Jasa Psikologis, yang bertujuan untuk mengambil peranan dalam ikut memecahkan tiga permasalahan pokok tersebut di atas.



1. Jasa Evaluasi dan Konsultasi Psikologi

Berupa kegiatan layanan evaluasi psikologis & konsultasi untuk keperluan organisasi maupun perorangan. Untuk keperluan organisasi, evaluasi psikologis dimanfaatkan sebagai alat bantu dalam membuat keputusan-keputusan seleksi, penempatan, promosi serta analisis potensi karyawan.

Sedangkan untuk keperluan perorangan, jasa yang diberikan meliputi kegiatan evaluasi dan konsultasi anak, remaja, dan dewasa yang berkaitan dengan masalah pendidikan, perkembangan, dan penyesuaian diri, pekerjaan serta keluarga dan perkawinan.

2. Jasa Pelatihan / Training

Berupa kegiatan pelatihan psikologis yang menekankan pendekatan psikologi belajar orang dewasa sebagai metode untuk merangsang perubahan individu dalam sikap maupun ketrampilan.

3. Jasa Penelitian dan Konsultasi Perusahaan.

Berupa kegiatan-kegiatan penelitian bidang Pengelolaan Sumber Daya Manusia (PSDM) dalam organisasi serta kegiatan konsultasi mengenai permasalahan PSDM.

4. Mind Technology (NLP & Hypnosis)

Proses pengembangan sumber daya manusia baik berupa therapy individual maupun pelatihan & workshop klasikal, JASPI telah menggunakan pendekatan Mind Technology yaitu NLP dan Hypnosis. Karena dengan metode ini, proses pembentukan perilaku menjadi lebih permanen karena dapat langsung terakses ke pikiran bawah sadar manusia. Dimana pikiran bawah sadar manusia 88% lebih mempengaruhi sikap & perilaku dibanding pikiran sadarnya.

5. Jasa lain.

Meliputi layanan jasa penelitian bidang sosial dan pendidikan, penyelenggaraan tes seleksi terpadu, Bimbingan Masuk Kerja (BMK), Bank Data, temu konsultasi serta kegiatan ceramah psikologis.



"Apa sih NLP itu?"




Ini adalah pertanyaan standar yang seringkali muncul setiap kali saya berbicara tentang NLP. Namanya yang sedikit aneh memang membuat banyak orang mengalami have-no-clue syndrome ketika mendengarnya. Neuro-Lingustic Programming, apa itu?

Sampai saat ini, saya pun juga belum menemukan definisi pasti dan formal mengenai NLP. Yang ada hanyalah definisi yang diuraikan oleh beberapa pendiri NLP berdasarkan pengalaman mereka mengembangkan dan mengajarkan NLP. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • NLP adalah sebuah studi tentang struktur dari pengalaman subyektif.
  • NLP adalah strategi percepatan pembelajaran untuk mendeteksi dan memanfaatkan berbagai pola yang di dunia. (John Grinder)
  • NLP is whatever works. (Robert Dilts)
  • NLP adalah sebuah sikap dan metodologi, yang merupakan jejak dari suatu teknik. (Richard Bandler)
  • NLP adalah studi sistematik tentang komunikasi manusia (Alix Von Uhde)
Nah lo, Anda tidak makin bingung kan? Tenang, meskipun para ahli tersebut menerangkan definisi yang beragam, untunglah kesemuanya tidaklah bertentangan. Di titik inilah kemudian saya menemukan 2 penjelasan yang cukup memuaskan mengenai definisi umum NLP. Pertama dari Joseph O' Connor dan kedua dari Bob G. Bodenhamer. Menurut O' Connor, NLP adalah suatu cara untuk mempelajari bagaimana seseorang dapat begitu sempurna dalam satu hal dan kemudian mengajarkan hal tersebut pada orang lain. Lebih lanjut, ia menerangkan bahwa NLP adalah seni sekaligus sains dari sebuah personal excellence. Seni karena setiap orang membawa kepribadian dan keunikannya masing-masing di dalam setiap hal yang mereka kerjakan, dan karenanya tidak mungkin dapat ditangkap secara utuh melalui kata-kata atau pun teknik. Sains, karena di dalamnya ada proses studi mendalam dan menggunakan metodologi secara sistematis yang dinamakan modelling.



Lebih mendalam, Bodenhamer menerangkan definisi NLP dengan memecah setiap kata yang membentuknya. Kata Neuro merujuk pada sistem saraf (neuron) atau pikiran kita dan fungsinya dalam pemrosesan informasi kemudian mengkodenya dalam bentuk memori ke dalam tubuh kita. Lingustic mengindikasikan adanya pengkodean, pengklasifikasian, dan pemberian makna dari proses di sistem saraf kita melalui bahasa, sistem komunikasi, dan sistem simbol lain (seperti tata bahasa, matematika, musik, dll). Dalam NLP dikenal 2 jenis sistem bahasa yang utama. Pertama, proses informasi dalam bentuk gambar, suara, perasaan, taste, dan bau (alias sensory based information) melalui yang dinamakan representational system. Kedua, proses informasi melalui bahasa sekunder seperti simbol, kata-kata, metafora, dll. Terakhir, Programming merujuk pada kemampuan kita untuk mengorganisasikan kesemua bagian tersebut ke dalam pikiran-tubuh kita yang memungkinkan kita mencapai hasil apapun yang kita inginkan. Intinya, kita lah pemegang kontrol atas pikiran kita sendiri.



OK, bagaimana sekarang? Sudah cukup jelas atau belum? Jika belum juga, kisah klasik NLP berikut ini pasti bisa membuat Anda lebih mudah memahami definisi NLP.



Seorang bocah bertanya pada ibunya, "NLP itu apa sih, Ma?"



Ibunya menjawab, "Mama akan beritahu kamu, tapi sebelumnya kamu harus mengikuti perintah mama sehingga kamu bisa mengerti nantinya. Kamu lihat kakekmu duduk di sana?"



"Yap!" ujar sang bocah.



"Temui dia dan tanyakan bagaimana keadaan penyakit pinggangnya sekarang."



Sang bocah segera pergi menemui kakeknya. "Kakek," katanya, "bagaimana keadaan pinggang kakek hari ini?"



"Oh, semakin memburuk Nak,"jawab sang kakek. "Selalu makin buruk ketika cuaca buruk. Berdiri saja susah." Tampak lah sekilah wajah penuh penderitaan pada sang kakek.



Sang bocah kembali kepada ibunya. "Katanya kondisinya memburuk Ma. Sepertinya dia kesakitan deh. Nah, sekarang Mama udah mau kasih tahu aku kan apa itu NLP?"



"Sebentar lagi Sayang, Mama janji," ujar sang Ibu. "Coba kamu temui lagi kakekmu dan tanyakan kepadanya apa saja tingkah lucu yang kamu lakukan sewaktu kamu kecil."



Sang bocah pun kembali menemui kakeknya. "Kakek," ujarnya kemudian, "Tingkah lucu apa yang pernah kulakukan sewaktu kecil?"



Wajah sang kakek berubah menjadi ceria. Rasa sakit seolah lenyap seketika. "Oh," ujarnya, "banyak. Salah satunya waktu itu kamu kakek ajak untuk jalan-jalan. Hqri itu indah sekali dan kamu menyanyikan sebuah lagu yang baru saja kamu hafal. Kencang sekali. Seseorang lewat dan melihatmu dengan sedikit sebal. Menurutnya kamu terlalu berisik. Dia meminta kakek untuk memberitahumu agar diam. Kamu tiba-tiba berbalik kepadanya dan berkata, "Kalau Om nggak suka aku nyanyi, Om boleh kok nggak deket-deket aku," dengan wajah polos dan kemudian bernyanyi dengan lebih keras. Ia kemudian melihatmu sambil terbengong-bengong". Sang kakek pun tertawa lepas mengingat hal itu.



Sang bocah kemudian kembali kepada ibunya. "Mama dengan apa yang baru saja diceritakan kakek?" tanyanya.



"Ya," jawab sang ibu. "Kamu baru saja mengubah perasaan kakekmu hanya dengan beberapa patah kata. Itulah NLP."



Anda boleh tersenyum sekarang, karena NLP memang semudah ini. Eh, tidak terlalu mudah sih, namun efek yang ingin ditimbulkannya memang sederhana: kita memiliki kemampuan untuk mengubah pikiran, perasaan, dan kondisi tubuh kita dalam sekejap kapan pun kita mau. Robert Dilts, pakar NLP pendiri NLP University di California, menyebutnya sebagai The Strategy of Genius. Bagi NLP, orang-orang jenius bukan hanya untuk dikagumi, tapi juga harus dicontek strateginya sehingga kita dapat melakukan hal yang sama dengan kualitas hasil yang sama pula.





Tentang Hipnotis / Hypnosis




Sampai dengan hari ini masih banyak kalangan yang menganggap bahwa Hypnosis atau Hipnotisme berkaitan dengan magic atau mistik. Padahal sejak tahun 1958 Hypnosis telah diakui di USA sebagai salah satu metode untuk kepentingan terapi. Bahkan pada saat ini beberapa Universitas di USA telah membuka program Diploma maupun Doctoral dibidang Hypnosis



Fenomena Hipnotisme (Trance) tidak ada hubungannya samasekali dengan magic atau mistik, tetapi suatu kondisi mental dimana perhatian seseorang menjadi sangat terfokus dan pikiran bawah sadar (Sub-Concious Mind) bekerja lebih dominan.



Trance adalah fenomena yang normal dan alami, dalam kehidupan sehari-hari semua orang sering mengalami trance tanpa disadari, yaitu ketika sedang menonton film yang menarik, menyetir mobil, membaca buku, bekerja didepan komputer dll.



Dengan Hypnosis Anda bisa dengan sangat mudah menuntun seseorang untuk masuk dan keluar dari trance sesuai kehendak Anda. Hal ini bisa diaplikasikan untuk membantu mencapai suatu tujuan atau prestasi bahkan untuk mengatasi suatu masalah yang sedang dihadapi.



Hypnosis dalam bentuk tradisional telah dikenal sejak ribuan tahun silam oleh berbagai bangsa di dunia, tetapi Hypnosis modern mulai diekploitasi oleh Franz Mesmer pada sekitar abad 18, dilanjutkan oleh para ilmuwan lainnya termasuk Sigmun Freud yang dikenal sebagai salah satu tokoh peletak dasar ilmu kejiwaan dan hypnosis menemukan formatnya sebagai ilmu pengetahuan terutama setelah proses penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh Dr. Milton Erickson sebagai salah satu tokoh Hypnosis modern.



Pada saat ini Hypnosys telah diaplikasikan diberbagai bidang baik secara langsung maupun tidak langsung. Sebagai aplikasi langsung, maka dikenal beberapa aplikasi Hypnosis, antara lain: Clinical Hypnotherapy (Hipnoterapi), Hypno Marketing, Forensic Hypnosis, Stage Hypnosis, Metaphysical Hypnosis dll.



Hypnosis tidak hanya menarik dipelajari oleh mereka yang ingin mengaplikasikan Hypnosis secara langsung, tetapi juga bagi mereka yang ingin mengetahui betapa luas dan uniknya area Sub-Conscious (bawah sadar), sebagai suatu area yang memiliki kemampuan untuk mengendalikan area Conscious (kesadaran normal).



Pemahaman terhadap area Sub-Conscious pada manusia sangat membantu bidang-bidang lainnya, terutama bidang-bidang yang dominan dengan unsur hubungan antar manusia, misalnya : marketing, public relation, personalia, advertising, pendidikan dll. Walaupun memiliki fenomena yang terlihat ajaib, akan tetapi Hypnosis bukanlah magic atau mistik. Hypnosis lebih mendekati seni sugesti atau seni komunikasi yang dapat dipelajari oleh siapa saja termasuk Anda........



MENGAPA PERUSAHAAN MEMBUTUHKAN PELATIHAN ?




Kondisi eksternal yang mempengaruhi dunia usaha, membuat organisasi bisnis atau perusahaan dalam tekanan yang besar untuk tetap dapat mempertahankan kualitas dan efisiensi usahanya. Untuk itu suatu perusahaan saat ini membutuhkan manajemen yang efektif.

Untuk menghasilkan Manajemen yang efektif, perusahaan harus meningkatkan kemampuan sumber daya manusianya agar mampu bekerja secara Tim. Peningkatan sumber daya manusia ini berkenaan dengan perilakunya, baik secara individu maupun ketika berinteraksi di dalam Tim. Keberhasilan bekerja dalam suatu tim membutuhkan suatu PELATIHAN untuk dapat memiliki kemampuan, keterampilan dan kemauan bekerja sebagai satu tim.

Keunggulan organisasi berbasiskan tim dikarenakan makin terspesialisasinya kemampuan yang dimiliki oleh seseorang. Kenyataan ini menunjukkan kedalaman kompetensi dan independensi kerja, tetapi sekaligus juga mengindikasikan makin tingginya saling ketergantungan antar individu, antar unit, antar bagian, dan seterusnya, agar sasaran akhir perusahaan dapat dicapai. Jadi, bekerja sebagai tim tampaknya bukan lagi sekedar pilihan, melainkan merupakan keharusan yang perlu ditempuh.

Dengan kerangka pikir diatas, ada beberapa pelatihan yang dapat merealisasikan Organisasi anda memiliki Manajemen yang Efektif.



Program Pelatihan tersebut terdiri dari :



PERSONAL EFFECTIVENESS PROGRAM : Program pengembangan diri agar peserta pelatihan menjadi pribadi yang efektif. Dengan mengenali kekuatan dan kelemahan pribadi, serta berorientasi pada pola pikir prestatif.



EFFECTIVE TEAM BUILDING PROGRAM : Program pelatihan agar karyawan menjadi "Team Player' yang handal. Saling ketergantungan, kerjasama, pentingnya komunikasi dan membangun suatu tim yang kompak adalah tujuan dari pelatihan ini.



QUALITY LEADERSHIP PROGRAM : Program pelatihan ini mengasah jiwa kepemimpinan yang terdapat pada diri peserta. Permasalahan-permasalahan yang ada perlu dihadapi oleh peserta dengan pengambilan keputusan yang berkualitas. Kepercayaan diri, kemampuan untuk memimpin kelompok, kemandirian dan kemampuan untuk mengayomi dari para peserta akan digali dan dipelajari sebagai suatu bekal dalam kepemimpinan mereka di kehidupan sehari-hari.

Selain program-program pelatihan yang telah baku, kami juga menyediakan paket pelatihan berdasarkan 'main goal' suatu perusahaan, yang kemudian akan didisain suatu pelatihan yang sesuai dengan tujuan tersebut.

Pelatihan ini akan banyak mempergunakan alam bebas sebagai medianya. Para peserta akan mempelajari semua materi dari kegiatan atau games yang akan diadakan di alam terbuka. Program ini akan dilakukan dengan komposisi 70 % di alam terbuka dan 30 % diskusi kelompok sebagai penunjang dari setiap kegiatan. Setiap aktifitas outdoor ini memerlukan stamina, perhatian, konsentrasi.

Dengan metode pembelajaran "Experiental Learning" diharapkan peserta akan dapat mengevaluasi tindakan, selanjutnya menentukan tujuan yang akan dicapai dengan memprediksi kemungkinan yang akan terjadi. Peserta akan dihadapkan dengan keadaan yang nantinya dapat diimplementasikan di dalam kehidupan sehari-hari, dan juga membuat pemahaman terhadap suatu permasalahan akan semakin tinggi sehingga implementasinya juga semakin mudah. Walaupun sebagian besar pelatihan dilakukan di alam terbuka, tetap mempertahankan tingkat keselamatan yang tinggi.







JASPI ASSESMENT CENTRE

ASSESMENT PSIKOLOGIS

UNTUK PENILAIAN KARYAWAN



Dalam setiap jenis pekerjaan biasanya menuntut kemampuan/ketrampilan dan kepribadian tertentu dari tenaga kerja yang dibutuhkan. Berkaitan dengan hal tersebut, assement psikologis sangat dibutuhkan untuk proses seleksi, recruitment, placement/penempatan serta untuk proses pelatihan dan pengembangan karyawan. Dengan assessment psikologis akan dapat diketahui profil psikologis seseorang sebagai alat bantu membuat keputusan manajemen SDM di perusahaan.

Manfaat Assessment

  • Untuk mengungkap potensi, kecenderungan serta performansi SDM; dengan melihat sisi kelebihan & kelemahannya.
  • Deskripsi dari hal tsb bermanfaat baik untuk kepentingan penempatan (placement-replacement), evaluasi, perlakuan (treatment untuk kepentingan training pengembangan), maupun untuk promosi karir SDM.
Tujuan

Proses ini dapat mengungkap secara lebih komprehensif baik kompetensi-kompetensi dasar maupun kualitas performansi SDM yang sudah dilibatkan dalam aktivitas perusahaan, melalui proses tes psikologi yang obyektif dan proyektif, wawancara, Focus Group Discussion (FGD).



Metode Assesment
  1. Psychotest
  2. Interview
  3. Focus Group Discussion
  4. Simulasi & Game
  5. Self report dan, self evaluation
ASSESMENT PSIKOLOGIS

UNTUK SELEKSI, REKRUITMEN DAN PROMOSI KARYAWAN



PENGANTAR

Dalam setiap jenis pekerjaan biasanya menuntut kemampuan/ketrampilan dan kepribadian tertentu dari tenaga kerja yang dibutuhkan. Berkaitan dengan hal tersebut, assement psikologis sangat dibutuhkan untuk proses seleksi, recruitment, placement/penempatan, ataupun untuk promosi jabatan karyawan



ASPEK YANG DIUNGKAP :

Pemeriksaan psikologis yang kami lakukan secara garis besar akan mengungkap kemampuan intelektual, kepribadian dan sikap kerja calon karyawan. Adapun unsur psikotest tersebut antara lain :

A. Kemampuan : Intelegensi, penalaran, pemahaman, daya tangkap & daya analisa

B. Sikap Kerja : Ketahanan & kecepatan kerja, stabilitas, antisipasi

C.Kepribadian : dorongan berprestasi, ketertiban/ketelitian, kontak sosial, kemandirian, daya tahan stres, keuletan, dominasi, drive (daya juang), kepatuhan, kerja sama, persuasive (mempengaruhi)







JASPI HYPNO CENTRE



Beberapa layanan Hypnosis & Hypnotherapy yang dilakukan oleh JASPI adalah :



Clinical Hypnotherapy

HIPNOTIKA JASPI melayani terapi psikologis dengan menggunakan metode Hypnosis. Dengan hypnosis, kita dapat memprogram ulang set mental kita di pikiran bawah sadar manusia. Karena pikiran bawah sadar manusia, dapat mempengaruhi 88% perilaku kita. seperti : masalah berat badan, kebiasaan merokok, kecandual alkohol, anoreksia/ bulimia, kebiasaan buruk, pobia, trauma, insomnia/ susah tidur, kegugupan, perasaan cemas yang berlebihan, dilecehkan, kemarahan, stress, attention defixit disorde (ADD), perasaan panik /gelisah, percaya diri, menentukan tujuan hidup, mengatasi kegagalan dimasa lalu, masalah gambar diri/ self image yang buruk, masalah hubungan dengan orang lain, meningkatkan berbicara didepan umum, meningkatkan performa dibidang oleh raga, meningkat data belajar, meningkatkan semangat kerja dan seni, dan segala macam masalaj dan isu bersifat psikis.



Self Hypnosis

Hypnosis dapat digunakan untuk pengembangan diri dengan metode self hypnosis. Metode yang dilakukan adalah ketika orang menghipnosis dirinya sendiri, maka alam bawah sadar (yang mempunyai pengaruh 88 persen terhahap perilaku & sikapnya) diberikan sugesti untuk melakukan seperti apa yang diinginkan. Misalnya menjadi percaya diri, menjadi pembicara yang hebat, menjadi marketing yang persuasive dan karismatik, dan lain - lain. Selain itu, seseorang dapat melakukan self hypnosis untuk dapat menghilangkan kebiasaan buruk, bahkan untuk menjaga kesehatan. Dengan kemampuan seseorang melakukan proses self hypnosis, maka proses pengembangan diri manusia baik secara fisik dan mental akan senantiasa lebih baik.



HypnoTraining

Pelatihan yang baik dan efektif adalah pelatihan yang dapat mengubah sikap dan perilaku manusia dan memiliki efek yang tahan lama dalam proses perbaikan manusia. Seringkali pelatihan yang dilakukan, tidak memiliki korelasi dengan perubahan sikap dan perilaku karyawan apalagi berkorelasi dengan produktifitas perusahaan.

Disamping itu, banyak pelatihan yang hanya memiliki efek perubahan (terutama semangat karyawan) bertahan selama beberapa hari, bahkan ada juga yang efeknya saat pelatihan saja. Padahal seharusnya, pelatihan harus dapat memiliki korelasi dengan perubahan sikap dan perilaku karyawan.

Metode hypnosis, merupakan cara yang paling efektif untuk memprogram ulang pikiran manusia yang selama ini menjadi hambatan bagi karyawan untuk sukses atau berprestasi, itulah yang dinamakan mental blok. Dengan metode hypnosis, dapat menghancurkan mental blok serta diberikan sugesti ke pikiran bawah sadar untuk bersikap dan berperilaku seperti yang diharapkan.



HypnoClass

Hypnoclass, merupakan tempat pembelajaran bagi orang - orang yang ingin belajar tentang hypnosis. Hypnoclass ini memiliki beberapa tingkat, yaitu basic, intermediate dan advance dalam proses pembelajarannya. Setelah proses belajar, para alumni akan diikat dalam sebuah komunitas yaitu Hypno Club. Komunitas ini sebagai sarana temapt berbagi, sharing ataupun tempat praktek pelatihan hypnosis, sehingga kemampuan & pemahaman peserta tentang hypnosis akan terasah. Selain itu, komunitas ini menjadi sarana pengikat yang akan mengelola anggotanya dalam penerapan hypnosis & hypnotherapy.



PROGRAM KHUSUS

HypnoChild

Program ini merupakan pelatihan yang ditujukan bagi orang tua dan pendidik anak, untuk memberikan pemahaman dan ketrampilan untuk mendidik dan mengasuh anak dengan prinsip dan metode hypnosis. Dengan pemahaman cara kerja pikiran anak, orang tua dan pendidik dapat bersikap bijak dan dapat mawas diri dalam berperilaku & bersikap karena hal tersebut merupakan bagian dari proses menghypnosis anak - anak kita.

Selain itu, orang tua dan pendidik dapat memiliki ketrampilan untuk melakukan metode hypnosis untuk menghilangkan kebiasaan buruk anak, ataupun agar anak dapat berperilaku dan bersikap seperti apa yang kita harapkan. Disamping, orang tua dan pendidik juga harus bisa menyesuaikan diri dalam proses perubahan dan perbaikan perilaku anak.



Hypnobirthing

Hypnobirthing merupakan program melakukan proses kelahiran dengan cara alami dan tanpa rasa sakit. dan Teknik ini melibatkan relaksasi yang mendalam, pola pernapasan lambat dan petunjuk cara melepaskan endorfin dari dalam tubuh (relaksan alami tubuh) yang memungkinkan calon ibu menikmati proses kelahiran yang aman, lembut, cepat dan tanpa proses pembedahan.



HypnoMotivation

Program ini digunakan untuk membangun motivasi baik bagi karyawan perusahaan maupun siswa/i di instansi pendidikan. Dengan hypnosis proses sugesti akan lebih efektif karena akan langsung masuk di pikiran bawah sadar manusia, untuk memprogram ulang pikiran manusia untuk senantiasa termotivasi & berprestasi.



HypnoHumanrelationship

Berhubungan dengan manusia merupakan kunci keberhasilan manusia dalam kehidupan dan pekerjaan. Namun kadang ada mental blok atau hambatan psikologis sehingga seseorang merasa kesulitan untuk berhubungan dengan manusia. Dengan Hypnosis dapat menginstal ulang pikiran manusia, yang akan mempengaruhi sikap & perilaku khususnya ketika berhubungan dengan manusia.



HypnoSelling

Hypnoselling adalah pelatihan yang ditujukan bagi tim marketing / penjual bagi perusahaan. Dengan hypnosis dapat menghancurkan blok mental seseorang yang menjadi hambatan dalam menjual. Selain itu digunakan untuk membangun kepercayaan diri dan menjadikan sales yang persuasif & kharismatik. Ditambah ketrampilan & teknik menjual dengan metode hypnosis.



HypnoSlimming

Banyak sekali usaha yang dilakukan oleh orang- orang untuk dapat melakukan program menurunkan berat badan, namun seringkali gagal karena yang menjadi penyebab utama seseorang untuk gemuk adalah sikap & perilakunya untuk senantiasa gemuk (pola makan, cara memilih makanan yang tidak sehat, dan mengkonsumsi makanan-makanan yang tidak diperlukan). Dengan hypnosis, pikiran dapat diprogram untuk mengarahkan sikap dan perilaku makan Anda untuk menurunkan berat badan, sehingga tidak heran jika selepas dari Hypnoslimming ada dorongan dari diri Anda untuk mengubah pola makan, rajin berolah raga, bahkan pola hidupnya secara umum.



Forum Komunikasi Aestetik dan Semiotik Indonesia (FOKASI)


FILOSOFI, KOMUNITAS & PRAKTISI

Pengantar
Forum Komunikasi Aestetik dan Semiotik Indonesia merupakan suatu komunitas berbasik saintis dengan struktur motivasi, skill dan kepribadian yang berjiwa aestetik-semiotik. Berbasik saintis artinya walaupun sebagian besar anggota aestetik-semiotik ini adalah para praktisi terapi, metafika dan parapsikolog terapan tetapi persepsi dan keilmuan yang digunakan tidak bersifat mistis melainkan saintis (keilmuan) agar tercipta teknologi-teknologi edukasi yang bermanfaat untuk dunia kesehatan, lingkungan, psikologi dan sosial. Dengan latar pendidikan yang beragam dari psikolog, dokter, terapis, diviner tarot, magician, sport-bela diri, broadcasting, antropolog, arkeolog, budayawan dan lain lain, kami berkumpul untuk menyatukan niat dan langkah kami agar bisa berperan aktif dalam membantu dan memberdayakan masyarakat melalui berbagai kegiatan personal maupun komunitas. Secara umum komunitas ini memang baru dirintis untuk mengumpulkan semua potensi aestetik-semiotik yang ada terutama potensi-potensi muda diwilayah DIY-Jateng. Potensi aestetik bisa diekspresikan dan dieksplorasi dengan berbagai aktifitas aestetik seni maupun aestesik terapi seperti kaligrafi cina-arab-jawa, sketsa wajah, handycraft, sulap-ilusi, hypnoselling-terapy, permainan brain teaser-op art, olah suara dan musik, bioplasmik, hidroterapi, emosinal healing dll. Potensi semiotik mengarah pada keilmuan dan kemampuan membaca simbol-simbol alam untuk kepentingan konseling kepribadian, kesehatan dan karier, asmara dll. Kemampuan semiotik bisa dieksplorasi melalui kartu tarot, tulisan tangan, palmistry, aura, facial diagnostik, radiestesi, mimpi, fito diganostik dan lain sebagainya. Kemudian adanya potensi diviner pada praktisi semiotik sebenarnya merupakan perkembangan lanjutan dari kemampuan ESP (ekstra sensoric perception) dimana potensi ini menjelaskan kemampuan seseorang untuk membantu memahami alur sebab-akibat dari adanya masalah dan solusi dalam kehidupan seseorang. Adanya problem psikhis-biologis seseorang baik yang bersifat memorik (masa lalu), realistik (masa kini) maupun futuristik (masa depan) akan dieksplorasi dalam "komunikasi pikiran bawah sadar" melalui simbol dan bahasa tubuh untuk segera ditemukan solusinya secara tepat dan personal. Terlebih saat ini, dimana tekanan ekonomi, sosial dan problem biologis-kejiwaan juga semakin kompleks, maka adanya aestetik-semiotik menjadi kebutuhan personal bagi setiap orang untuk menjalani dan memaknai hidup agar lebih sukses baik secara personal, sosial dan spiritual.

Aestetik
Istilah aestetik yang berasal dari bahasa Yunani Aisthetike yang berarti rasa atau nilai keindahan rasa. Nilai keindahan diwujudkan dalam berbagai produk dan jasa seni. Oleh karena itu aestesik sangat erat hubungannya dengan eksplorasi seni. Secara umum, aestetik didefinisikan sebagai berikut. Aesthetics is a branch of philosophy, a species of value theory or axiology, which is the study of sensory or sensori-emotional values, sometimes called judgments of sentiment and taste. Aesthetics is closely associated with the philosophy of art. The science of how things are known via the senses (Aestetik adalah suatu filosofi populer yang khusus berkenaan dengan nilai umum atau paradigma pada studi sensorik, nilai sensorik-emosional, sesuatu yang berhubungan dengan penilaian terhadap sensifitas dan rasa. Aestetik adalah cabang ilmu yang dekat dengan filosofi seni. Ilmu ini membahas berbagai hal yang diketahui melalui indra). Pada masa kini aestetik bisa berarti tiga hal, yaitu: Studi mengenai fenomena estetis, fenomena persepsi dan Studi mengenai seni sebagai hasil pengalaman estetis.
Berbagai layanan kreatif yang berhubungan dengan aestetik antara lain:

Art of Caligraphy. Meliputi berbagai ketrampilan seni kaligrafi baik dalam bahasa arab, cina, jawa dan simbolik lainnya.
Magician-Illusion, meliputi berbagai ketrampilan seni sulap dan illusi.
Hypnosis, meliputi berbagai ketrampilan seputar seni eksplorasi dan sugesti bawah sadar
Art of Sketch & Stenography. Meliputi ketrampilan cepat dalam menulis informasi dan menggambar berbagai obyek informasi.
Fengshui. Meliputi berbagai ketrampilan desain dan penataan obyek dari sisi yin yang.
Aura Healing, meliputi berbagai ketrampilan eksplorasi dan terapi aura manusia dan alam
Musical Terapeutic, meliputi berbagai ketrampilan eksplorasi dan terapi menggunakan musik baik instrumental maupun vokal.
Fashion Show & Designer, meliputi berbagai seni eksplorasi mode dan display pakaian.
Brain Teaser, meliputi berbagai ketrampilan seputar kim asah otak dan mata
Aestetic of skin & facial, meliputi berbagai seni tata rias dan perawatan kulit dan wajah.
Vocal & Verbal skills, meliputi berbagi ketrampilan kata dan bahasa.
Photography, meliputi berbagai seni menangkap dan dokumentasi visual.
Dance & Kinetic Art, meliputi berbagai eksplorasi gerak tari baik klasik maupun modern
Martial Art, meliputi berbagai varian seni eksplorasi dan motif bela diri.
Woodcraft education, meliputi berbagai varian produk kerajinan kayu untuk pedidikan.
Origami Kit, meliputi berbagai ketrampilan seni melipat kertas.
Hidroterapy, meliputi berbagai eksplorasi dan terapi menggunakan air.
Dan masih banyak lagi.

Semiotik
Semiotik atau semiologi merupakan terminologi yang merujuk pada ilmu yang sama. Istilah semiologi lebih banyak digunakan di Eropa sedangkan semiotik lazim dipakai oleh ilmuwan Amerika dan Asia. Istilah yang berasal dari kata Yunani semeion yang berarti 'tanda' atau 'sign' dalam bahasa Inggris itu adalah ilmu yang mempelajari sistem tanda seperti: bahasa, kode, sinyal, simbol alam dan sebagainya. Secara umum, semiotik didefinisikan sebagai berikut. Semiotics is usually defined as a general philosophical theory dealing with the production of signs and symbols as part of code systems which are used to communicate information. Semiotics includes visual and verbal as well as tactile and olfactory signs (all signs or signals which are accessible to and can be perceived by all our senses) as they form code systems which systematically communicate information or massages in literary every field of human behaviour and enterprise. (Semiotik biasanya didefinisikan sebagai teori filsafat umum yang berkenaan dengan produksi tanda-tanda dan simbol-simbol sebagai bagian dari sistem kode yang digunakan untuk mengomunikasikan informasi. Semiotik meliputi tanda-tanda visual dan verbal serta tactile dan olfactory [semua tanda atau sinyal yang bisa diakses dan bisa diterima oleh seluruh indera yang kita miliki] ketika tanda-tanda tersebut membentuk sistem kode yang secara sistematis menyampaikan informasi atau pesan secara tertulis di setiap kegiatan dan perilaku manusia).Dalam perkembangannya, istilah semiotik digunakan dalam bidang telekomunikasi, militer, kedokteran, kebudayaan, psikologi dan metafisika terapan.
Secara umum istilah semiotik dalam Natural pharmacys and Therapeutic mencakup 3 unsur yaitu simbol/tanda (sign), teknik membaca simbol (divination) dan pembaca simbol (diviner). Semua unsur dalam semiotik merupakan satu kesatuan.
simbol/tanda/medium (sign) merupakan suatu pola tertentu yang mengandung informasi dan komunikasi tertentu. Adanya simbol-simbol informasi disekitar kita bisa terbentuk secara alamiah atau sintetik. simbol/tanda/medium dalam divinasi meliputi
  1. Medium biologis seperti rajah tangan (palmistri), aura, sidik jari (finger Cleft), wajah (facial diagnostik), kuku dan rambut , darah, mata, gerakan tubuh dll.
  2. Medium mekanis seperti tulisan tangan, kartu tarot, foto, Iching, garam, air, awan, the, radiestesi, dowsing, kertas dll
  3. Medium elektronis seperti bioritmik file, Fotografi aura, Audio sensor, divinasi software, Vibrasi sikardian, CD musik terapi, komputer digital dll.
beberapa jenis ilmu semiotik dan aestetik

Divinasi adalah teknik membaca pikiran (mind reading) atau meramal (prognosis) suatu hal yang bersifat masa lalu (memorik), masa kini (realistik) atau masa depan (futuristik).Ada banyak teknik divinasi yang bisa digunakan untuk terapi dan konseling problem-problem kehidupan antaralain :

Aeromancy adalah teknik divinasi dengan menggunakan semiotik udara dan langit dengan cara mengamati bentuk awan, komet dan fenomena langit lainnya.

Alectryomancy adalah metode divinasi dengan menggunakan seekor burung dimana burung tersebut dibiarkan mematuk biji-biji jagung dari sekumpulan huruf.

Aleuromancy adalah metode divinasi yang menggunakan "Kue Keberuntungan" sebagai semiotiknya.

Alomancy adalah bentuk divinasi yang menggunakan semiotik garam dapur.

Alphitomancy adalah suatu bentuk divinasi yang dipergunakan untuk menemukan pelaku kejahatan. Yakni dengan membuat makanan dari gandum atau biji barley sebagai mediumnya. Si pelaku kejahatan akan menderita sakit perut setelah memakan makanan tersebut.

Amniomancy adalah suatu bentuk divinasi yang menafsirkan bercak-bercak yang ada di wajah bayi saat lahir.

Anthropomancy adalah divinasi klasik yang dilarang oleh hukum karena menggunakan korban manusia dalam ritualnya.

Botamancy adalah metode divinasi yang dilakukan dengan cara membakar cabang-cabang pohon dan dedaunan.

Capnomancy adalah metode divinasi kuno yang dilakukan melalui menafsirkan asap yang muncul saat pembakaran.

Cartomancy adalah metode divinasi yang menggunakan kartu sebagai mediumnya seperti kartu Tarot, kartu Rune dan Bridge. Atau lebih dikenal dengan istilah Ramalan Keberuntungan "Fortune Telling".

Catoptromancy adalah suatu bentuk awal divinasi dengan memandang Kristal. Metode ramalan ini menggunakan sebuah cermin yang diarahkan ke bulan untuk memperoleh pantulan cahaya bulan.

Causimomancy adalah metode divinasi yang menafsirkan gerak-gerik benda yang dibakar dalam perapian.

Cephalomancy adalah Istilah ini mengacu pada sebuah bentuk divinasi yang menggunakan tengkorak keledai atau kambing sebagai mediumnya.

Ceraunomancy adalah metode divinasi yang mengamati kekuatan, arah dan gerak-gerik angin sebagai mediumnya.

Ceraunoscopy adalah merupakan sebuah bentuk divinasi yang dilakukan dengan cara mengadakan ritual untuk memperoleh pertanda dari petir dan halilintar

Ceroscopy/Ceromancy
Metode divinasi yang menggunakan cairan lilin yang dituangkan ke atas air dingin. Bentuk-bentuk yang dihasilkan akan ditafsirkan.

Cheiromancy adalah lebih dikenal sebagai Palmistry; yakni divinasi yang menafsirkan bentuk garis tangan.

Chirognomy adalah bentuk divinasi yang menafsirkan bentuk-bentuk tangan.

Clairsentience adalah merupakan suatu proses "Rasa Jernih" dari informasi divinasi ESP.

Clairaudience adalah merupakan suatu proses "Pendengaran Jernih" dari informasi divinasi ESP.

Clairvoyance adalah merupakan suatu proses "Penglihatan Jernih" dari informasi. divinasi ESP

Cleidomancy adalah metode divinasi yang menggunakan sebuah kunci yang digantung dengan benang, kunci itu dipegang dengan ibu jari dan telunjuk. Kunci itu diturunkan di dalam gelas, ketika kunci menyentuh sisi gelas; menyentuh 1 kali berarti jawaban "ya" dan jika 2 kali berarti "tidak".

Cleromancy adalah metode divinasi yang menggunakan medium benda berbentuk bongkahan atau benda yang mirip dadu seperti kelerereng atau cangkang mutiara.

Coscinomancy adalah metode divinasi yang menggunakan sebuah saringan gantung sebagai mediumnya, biasanya digunakan untuk mengindentifikasikan pelaku kejahatan. Istilah ini sama dengan Radiesthesia.

Critomancy. Metode divinasi yang menggunakan kue yang terbuat dari biji barley sebagai mediumnya.

Cromniomancy. Metode divinasi yang menggunakan bawang putih sebagai mediumnya.

Crystallomancy. Metode divinasi yang menggunakan cara memandangi Kristal seperti batu kuarsa, logam mulia (misalnya kristal beryl) atau bola Kristal tradisional.

Cyclomancy. Metode divinasi yang dilakukan dengan cara mengamati dan menafsirkan perputaran roda

Dactylomancy. Merupakan bentuk awal dari Radiesthesia. Divinasi ini menggunakan sebuah cincin yang digantung sebagai mediumnya. Merupakan suatu bentuk divinasi yang mengharuskan orang untuk mendengarkan bunyi kayu laurel yang tengah dibakar di api unggun selama prosesi ritual.

Elaeolancy. Merupakan suatu bentuk divinasi yang menafsirkan bentuk permukaan benda-benda cair.

Empyromancy. Merupakan suatu bentuk divinasi yang menafsirkan perilaku benda-benda yang dilemparkan di atas perapian.

Extispicy. Merupakan suatu bentuk divinasi yang menafsirkan daging jeroan korban persembahan.

Fitodiagnostik, Merupakan suatu bentuk divinasi yang menafsirkan bentuk daun

Graphology adalah teknik divinasi dengan menggunakan tulisan tangan

Haruspication. Metode divinasi dengan cara menafsirkan daging jeroan binatang

Hippomancy. Metode divinasi yang menafsirkan derap kaki dan ringkikan suara kuda.

Horoscopy. Suau bentuk divinasi dengan cara menentukan horoskop perbintangan.

Hydromancy Metode ramalan yang menggunakan air sebagai mediumnya. Metode ini termasuk meramal dengan mengamati warna, arus, bentuk riak-riak air yang disebabkan oleh kelereng-kelereng yang dilemparkan ke sebuah kolam

Iching. Dilafalkan "Yee Jing", adalah Kitab Perubahan Berbahasa China yang telah digunakan sebagai medium divinasi selama ribuan tahun dan mungkin merupakan buku tertua di dunia. Kitab ini telah diperluas dan dimurnikan selama berabad-abad..

Ichthyomancy. Merupakan suatu metode divinasi yang menggunakan ikan Lampadomancy. Metode divinasi yang menggunakan lampu atau obor.

Lecanomancy. Metode divinasi yang menggunakan sewadah air sebagai mediumnya.

Libanomancy. Metode divinasi yang menggunakan dupa dan asap pembakaran dupa

Lithomancy. Metode divinasi yang menggunakan batu-batu mulia dengan beraneka warna termasuk juga menafsirkan pola-pola yang terbentuk dialur bebatuan tersebut sebagai mediumnya.


Lychnomancy. Metode divinasi dengan cara mengamati dan menafsirkan lidah api yang timbul dari sebuah lampu minyak atau lilin.

Necromancy. Metode divinasi yang memanggil orang-orang yang sudah meninggal.

Nephelomancy. Metode divinasi dengan cara mengamati dan menafsirkan bentuk-bentuk awan.

Numerology. Metode divinasi yang menafsirkan arti-arti angka, tanggal dan jumlah huruf

Oculomancy. Metode divinasi yang menafsirkan bentuk mata manusia.

Oinomancy. Metode divinasi yang menggunakan minuman anggur sebagai mediumnya. Ramalan ini termasuk juga dengan cara menafsirkan permukaan anggur yang hitam pekat di dalam piala.

Ololygomancy. Metode divinasi yang menafsirkan lolongan anjing.

Oneiromancy. Metode divinasi yang mengartikan mimpi dan tanda-tanda firasat lainnya.

Onomancy. Metode divinasi yang menggunakan nama sebagai dasar peramalan, ada kemungkinan metode divinasi ini terkait dengan Numerology.

Onychomancy. Metode divinasi dengan cara memandangi kuku jari tangan yang telah dicat mengkilap.

Ornithomancy. Metode divinasi yang menafsirkan gerak terbang dan perilaku burung

Omphalomancy. Metode ramalan yang meramal berapa banyak anak yang akan dimiliki oleh seorang ibu di masa depannya dengan cara menghitung jumlah ikatan yang ada di ari-ari si jabang bayi yang baru lahir.

Ophiomancy. Metode divinasi yang menggunakan ular sebagai mediumnya.

Orniscopy/Orinithomancy. Metode divinasi yang menafsirkan firasat yang dikaitkan dengan burung, terutama burung yang sedang terbang.

Ovomancy. Metode divinasi yang menafsirkan putih telur.

Palmistry. Metode divinasi yang dikenal luas. Divinasi ini menggunakan bentuk garis tangan sebagai dasar peramalan.

Pegomancy. Metode divinasi yang menafsirkan suara dan tampilan air yang mengalir dari mata air atau air mancur.

Phrenology. Metode divinasi yang telah lama dipraktekkan. Divinasi ini menafsirkan bentuk kepala manusia sebagai dasar peramalan.

Pessomancy. Metode divinasi yang menggunakan kelerang sebagai mediumnya.

Phyllorhodomancy. Metode divinasi yang menggunakan daun bunga Mawar sebagai mediumnya. Ramalan ini termasuk juga meggunakan helai-helai bunga Mawar yang digosokkan ke tangan dan hasil ramalan akan ditentukan dari keras tidaknya bunyi yang dihasilkan.

Physiognomy. Metode divinasi yang menafsirkan dan menganalisis karakter melalui ciri-ciri fisik.

Phsicometry. Metode divinasi dengan menganalisis benda yang dipegang/digunakan.

Plasmology. Metode divinasi dengan menganalisis warna dan struktur aura tubuh.

Tasseography/Tasseomancy. Merupakan suatu bentuk divinasi dengan cara membaca daun teh yang tersisa dari minuman teh yang telah diminum di cangkir.

Tephramancy. Merupakan suatu bentuk divinasi yang menggunakan abu yang dihasilkan dari pembakaran cabang-cabang pohon sebagai mediumnya.

Tiromancy. Merupakan suatu bentuk divinasi yang menggunakan medium keju atau lubang-lubang yang ada di dalamnya, atau dengan cara mengamati susu ketika susu tersebut mengumpal

Xylomancy. Merupakan suatu bentuk divinasi yang menafsirkan bentuk batang atau ranting pohon baik ketika batang atau ranting tersebut dipungut atau ketika dalam kondisi terbakar. Dan masih banyak lagi teknik divinasi yang terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu.

Komunitas keilmuan dan terapan pada
Forum Komunikasi Aetesik dan Semiotik Indonesia

Perintis forum komunikasi
  1. Association Hypnoses & Hypnotherapy of Indonesia
  2. Association of Diviners Tarot Indonesia.
  3. Asosiasi Aura Medika Indonesia
  4. Asosiasi Magician - Illusion Indonesia
  5. Asosiasi Palmistri - Grafologi klinis Indonesia


Praktisi aestetik dan semiotik perintis forum komunikasi
  1. Hisyam A Fachri, Praktisi diviner tarot nasional dan hypno-selling. Peraih rekor MURI TAROT terbaik & konseling pada Jasa Psikologi Indonesia (JASPI) pengisi acara bawah sadar Yogya TV, Cakra TV Semarang dan Sriwijaya Palembang TV
  2. Mukhisin Heru Prasetyono, Praktisi terapi aura, membaca pikiran bawah sadar dengan aura dan tulisan tangan pengisi acara Holistic Time di Radio CH5, Terapi alamiah di RBFM & RBTV.
  3. Dibyo Sulistiyo, Praktisi Hipnoterapy untuk berbagai kasus kejiwaan, kriminal dan adiksi bahan kimia
  4. Valentino, Praktisi Classic magician-Illusion, pengisi stage berbagai event lokal dan nasional diberbagai kota.
  5. Ibra Maulana, Praktisi diviner tarot asmara - remaja. Pengisi acara di radio Rasialima.
  6. Tennny Iskandriati, Praktisi diviner tarot karier-keluarga , praktisi ESP-aura dan indera keenam. Pengisi acara talk show interaktif terapi alternatif di RBFM
  7. Soekiyani Imelda, Praktisi diviner tarot karier - keluarga, pakar palmistry berperan serta dalam berbagai acara diberbagai kota.
  8. Edi Sukrisno, Praktisi diviner Tarot pengembangan diri dan terapi alamiah untuk kesehatan dan kebugaran. Pengisi acara Tarot Talks di radio Eltira
  9. Citra Ayu Agusta, Praktisi diviner tarot dan konseling psikologi remaja dan pendidikan. Pengisi acara talk show di radio CH 5
Program kerja dan kegiatan Forum Komunikasi Aestika & Semiotik Indonesia
Association Hypnoses & Hypnotherapy Indonesia
  1. Self Hypnoses
  2. Hypno Traning
  3. Hypno Class
  4. Hypno Child
  5. Hypno Motivation
  6. Hypno Human Ralationship
  7. Hypno Selling
  8. etc
Association Diviner Tarot Indonesia
  1. Konsultan / Praktisi berbagai problem (asmara, jodoh, karier, hubungan
  2. persaudaraan, hubungan social, problem hidul dll
  3. Privat / belajar membaca simbul gambar Tarot.
  4. Entertainment
Asosiasi Aura Medika Indonesia
  1. Konsultasi
  2. Privat
Asosiasi Palmistri - Grafologi Indonesia
  1. Konsultan / Praktisi berbagai problem (asmara, jodoh, karier, hubungan
  2. persaudaraan, hubungan social, problem hidul dll
  3. Privat / belajar membaca simbul gambar melalui rajah dan tulisan tangan.
  4. Entertainment
Asosiasi Magician - Illusionist Indonesia
  1. Entertainment
  2. Privat / seni sulap sesuai kebutuhan
Forum Komunikasi Aestika - Semiotik Indonesia (FOKASI) memberi kesempatan kepada para anggotanya untuk dapat bekerja sama dengan fihak lain seperti media televisi, radio, cetak, para event organizer ataupun fihak-fihak yang membutuhkan jasa dari para anggota FOKASI

Pengurus FOKASI :
Forum Komunikasi Aestetik dan Semiotik Indonesia didirikan pada tanggal 07 Juli 2007 dan dituangkan pada akte Notaris no 4/2007 tanggal 5 Nopember 2007 dihadapan Notaris Asnahwati H Herwidhi SH di Jogyakarta dengan pengurus sbb

Hisyam A Fachri, Ketua Umum
Dibyo Sulistiyo, Ketua I
Edi Sukrisno, Ketua II
Mukhisin Heru Prasetyono, Sekretaris Jendral
Tennny Iskandriati Wakil sekretaris
Soekiyani Imelda Bendahara Umum
Citra Ayu Agusta Wakil Bendahara
Valentino Hubungan masyarakat
Ibra Maulana Litbang


Alamat secretariat
Jl. Rakai Warak II/3 no. 234 Komplek Gunung Sempu, Kasihan Bantul Jogjakarta 55183
ANDA INGIN BERGABUNG ?